WORKSHOP BEDAH KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs TAHUN PELAJARAN 2012/2013

pelatihan

Keberhasilan Ujian Nasional mencerminkan berhasil tidaknya pelaksanaan pendidikan dan kurikulum di suatu sekolah/madrasah. Oleh karenanya upaya meningkatkan hasil Ujian Nasional menjadi salah satu prioritas utama di sekolah dan di Kabupaten Pekalongan. Usaha nyata untuk mencapai keberhasilan pada pelaksanaan Ujian Nasional tersebut, selain melalui proses pembinaan berkelanjutan dan pembelajaran yang telah berlangsung selama peserta didik di sekolah juga dilaksanakannya program khusus berupa Workshop Bedah Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013.

Demikian disampaikan oleh ketua MKKS SMP Kabupaten Pekalongan Aji Suryo Sumanto pada pembukaan workshop. “Melalui workshop bedah kisi-kisi ujian nasional tahun pelajaran 2012/2013 ini, diharapkan peringkat hasil Ujian Nasional tingkat SMP/MTs Kabupaten Pekalongan di tingkat propinsi dapat meningkat”, tambahnya.

Workshop bedah kisi-kisi yang diselenggarakan pada tanggal 28 s.d. 30 Desember 2012 diikuti oleh 432 peserta yang terdiri dari Bahasa Indonesia 93 peserta, Bahasa Inggris 102 peserta, Matematika 116 peserta, IPA Fisika 61 peserta, dan Biologi 60 peserta. Pelatihan dilaksanakan di 4 tempat yaitu Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah Pekajangan, Bahasa Inggris di SMP 1 Bojong, Matematika di SMP 1 Wiradesa, dan IPA (dua ruang) di SMp 1 Tirto. Workshop dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh empat Pengawas SMP yakni Drs. Kelik Suwarno membuka di SMP Muh. Pekajangan, Drs. Joko Supriyanto, M.Pd. di SMP 1 Bojong, Drs. H. Subkhan, M.Pd. di SMP 1 Wiradesa, Narimo, S.Pd. dan Sungkono, S.Pd. di SMP 1 Tirto.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan berpesan kepada seluruh jajaran di lingkungan pendidikan untuk lebih sungguh-sungguh dalam mempersiapkan ujian nasional. Beliau meminta untuk tiap-tiap sekolah melaksanakan program sukses Ujian Nasional yang telah disusun dan lebih serius mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi ujian tersebut. Peningkatan hasil ujian nasional untuk Kabupaten Pekalongan adalah suatu keharusan, sehingga kita bisa setara dengan daerah lainnya, imbuhnya. Sedangkan pengawas mengharapkan “Semoga Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013 di Kabupaten Pekalongan dapat terlaksana dengan sukses meliputi sukses perencanaan, sukses pelaksanaan, dan sukses hasil berupa peningkatan peringkat Ujian Nasional di tingkat propinsi Jawa Tengah.

Nara sumber workshop bedah kisi-kisi tersebut didatangkan dari Jakarta. Mereka adalah Tim yang sudah biasa berkecimpung dalam penyusunan naskah soal ujian nasional dan pelatihan-pelatihan serupa di seluruh Indonesia, sehingga kredibilitasnya sudah tidak diragukan lagi. Kelima nara sumber tersebut adalah Dra. Mahanik, M.Pd. nara sumber Bahasa Indonesia, Dra. Linawati, M.Pd. nara sumber Bahasa Inggris, Hj. R. Sri Hartami, M.Pd. nara sumber Matematika, Drs. R. Sapta Nurrohman, M.Pd IPA nara sumber Fisika, dan Drs. Bambang Kulup Karnoto, M.Sc. nara sumber Biologi.

Hingga saat ini Workshop Bedah Kisi-kisi Ujian Nasional atau kegiatan sejenis dengan sebutan lainnya masih sangat diperlukan oleh guru-guru mata pelajaran yang di-UN-kan. Kegitan ini efektif dalam upaya turut membekali guru mata pelajaran dalam membimbing dan mempersiapkan peserta didik menghadapi Ujian Nasional, dan sebagai salah satu cara efektif dalam upaya meningkatkan prosentase kelulusan dan meningkatkan rata-rata nilai Ujian Nasional. Semoga dengan terlaksananya kegiatan workshop ini kualitas lulusan SMP/MTs Kabupaten Pekalongan dapat meningkat dari tahun sebelumnya.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s