PELATIHAN PENYUSUNAN RKAS SMP KABUPATEN PEKALONGAN

imageSebanyak 128 bendahara SMP Kabupaten Pekalongan yang terdiri dari SMP Negeri, Satu atap, dan SMP Swasta mengikuti pelatihan penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Pelatihan yang dibuka oleh Ketua MKKS SMP Aji Suryo Sumanto tersebut dimaksudkan untuk membekali bendahara dalam penyusunan RKAS tahun 2013. “Dengan pelatihan ini diharapkan agar ada kesamaan pemahaman dalam menyusun RKAS yang sesuai petunjuk teknis penggunaan dana BOS dan landasan hukum lainnya” tandasnya. Lebih lanjut Aji Suryo berharap setelah pelatihan ini, bendahara segera menyusun RKAS dan dapat menyusun SPJ dengan baik dan benar.

imagePeserta terlihat antusias mengikuti pelatihan yang berlangsung di SMP 1 Wiradesa hari Selasa tanggal 12 Pebruari 2013 dari pagi hingga sore hari. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang bersifat teknis berkaitan dengan penggunaan dana BOS dan pelaporannya. Hal yang paling menyulitkan adalah bilamana terdapat pengeluaran penting atau mendesak yang harus dilakukan sementara belum diprogramkan dalam RKAS, demikian disampaikan seorang peserta yang enggan disebut namanya. Atas berbagai pertanyaan tersebut nara sumber dengan sabar menjawab dan menjelaskan berbagai hal berkaitan dengan penyusunan RKAS dan pelaporannya.

Hadir sebagai nara sumber pada pelatihan tersebut Budi Santosa dari Inspektorat dan Untung Rahardjo dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Kabupaten Pekalongan. Menurut Budi Santosa, Pemerintah mengalokasikan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada setiap tahunnya dengan harapan agar anak umur 7 – 15 tahun mendapatkan pendidikan dasar yang bermutu dan tidak ada yang putus sekolah karena persoalan ketiadaan biaya. BOS sebagai salah satu sumber pendanaan pendidikan pada jenjang SD dan SMP atau sederajat harus dikelola secara tertib dan bertanggungjawab, mulai dari perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan dan pertanggungjawaban sampai dengan pelaporan, tegasnya. Lebih lanjut Budi Santosa menjelaskan berbagai hal berkaitan dengan penyusunan RKAS. Menurutnya, dalam penyusunan RKAS disamping berpedoman pada berbagai ketentuan yang berlaku seperti peraturan pengelolaan keuangan daerah, permendiknas mengenai juknis BOS dan Standar Nasional Pendidikan (SNP), Peraturan Bupati mengenai standar harga dan honorarium, peraturan pengadaan barang, peraturan perpajakan, peraturan pengelolaan barang daerah, dan petunjuk teknis penyusunan RKAS, juga harus berpedoman pada Rencana Jangka Menengah (RJM) yang disusun 4 tahunan yang merupakan implementasi dari visi dan misi sekolah yang telah ditetapkan. Visi dan misi yang hendak dicapai dijabarkan lebih detail dalam RJM dan kemudian dilaksanakan setiap tahunnya dengan mengalokasikan anggaran dalam RKAS, sehingga terjadi sinkronisasi dan keselarasan antara Visi Misi-RJM-dan RKAS, paparnya.

Sedangkan pada kesempatan berikutnya Untung lebih banyak menjelaskan tentang teknik penyusunan RKAS dan pelaporannya. Dalam kesempatan tersebut kembali ditegaskan tentang komponen-komponen kegiatan yang dapat dibiayai dari dana BOS seperti telah dipaparkan dalam buku petunjuk teknis penggunaan dana BOS tahun 2013. Dalam buku tersebut juga diuraikan tentang realisasi penggunaan dana tiap-tiap kegiatan yang mengacu pada pengembangan Standar Nasional Pendidikan. Dengan mempedomani buku petunjuk teknis tersebut, maka kita akan dapat menyusun RKAS dengan benar, tegas Untung. Target setelah pelatihan adalah bendahara segera menyusun RKAS sesuai dengan pedoman hingga akhir bulan Pebruari 2013, lanjutnya.

Pada acara penutupan, ketua MKKS kembali menegaskan agar bendahara dan kepala sekolah dengan melibatkan dewan guru dan komite sekolah segera menyusun RKAS seperti telah disampaikan oleh nara sumber. Lebih lanjut menyampaikan, bila terdapat sekolah yang masih kesulitan dalam penyusunan RKAS untuk tidak segan-segan berkonsultasi ke bagian Penyusunan Program Dindikbud Kabupaten yang senantiasa siap untuk membantu.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

4 Balasan ke PELATIHAN PENYUSUNAN RKAS SMP KABUPATEN PEKALONGAN

  1. BANGKIT berkata:

    bahan yang di unggah jangan hanya beritanya saja…malah yang paling penting adalah materinya , sehingga semua pembaca yang tidak hadir mengetahui esensinya.

  2. BANGKIT berkata:

    atau gabungkan dengan my wp : http://obeeth.wordpress.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s